Sabtu, 28 Januari 2012

Situs tempat mendownload lagu akan DITUTUP


 Beberapa waktu lalu, pihak Kementrian Kominfo sempat ngasih pengumuman kalau mereka akan menutup 20 situs tempat mengdownload lagu secara ilegal.

Tapi sekarang kenyataannya, belum ada satu pun situs dari 20 situs tersebut yang diblokir atau ditutup oleh pihak Kementrian Kominfo.

Ternyata, Tifatul Sembiring sempat bilang kalau pihaknya akan konsetrasi untuk menutup situs yang lebih besar seperti 4shared.

Karena, 4Shared itu bukan hanya sharing ilegal lagu saja tetapi banyak sekali karya cipta yang dilindungi banyak ditemukan disitu dan jumlah atau kapasitasnya sangat besar.

Sebagai salah satu penyedia layanan cyberlocker terbesar "pembunuhan" MegaUpload secara tiba-tiba sungguh mengejutkan banyak penggunanya. Para pengguna MegaUpload sekarang beralih ke layanan alternatif lain yang tersedia seperti Filefactory, Depositfiles dan masih banyak lain. Situs-situs tersebut memperlihatkan kenaikan pengunjung yang cukup drastis setelah kematian MegaUpload.

Dari data yang didapatkan dari empat penyedia layanan cyberlocker lainnya seperti Depositefiles, Uploaded.to, Hotfile dan Rapidshare memperlihatkan peningkatan yang signifikan. Data diatas hanyalah puncak dari sebuah gunung es karena masih banyak situs cyberlocker lain yang juga mengalami trend serupa. Indikasi ini menjadi penegas bahwa banyak pengguna MegaUpload yang beralih ke layanan lain. Hal ini bisa menjadi pukulan bagi pendukung ditutupnya MegaUpload yang berharap bahwa dengan ditutupnya MegaUpload banyak orang membeli secara legal.

Setelah ditutupnya MegaUpload, kini situs 4Shared menjadi situs terbesar penyedia layanan CyberLocker di internet. Diperkirakan saat ini 4Shared mempunyai 2,5 miliar page view, lebih dari 2 kali jumlah yang dimiliki MegaUpload sebelum ditutup. Dengan jumlah tersebut banyak orang yang berspekulasi bahwa 4Shared akan menjadi target selanjutnya dari FBI. Namun dalam wawancara antara 4Shared dengan situs TorrentFreak mereka berkomentar :

“This case has a great negative impact on file storage services and the Internet overall. 4shared has some of the most strict house rules among all other file storage services and there’s no need for any changes.”

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya efek dari penutupan MegaUpload memang sungguh mengguncang internet. Ibarat gempa 9 skala richer, efek domino yang dihasilkan membuat situs cyberlocker mengambil beberapa langkah drastis seperti menutup layanan berbagi file mereka atau tidak dapat diakses dari Amerika Serikat.

source : popmaya & gamexeon

0 Komentar KPOPERS:

Posting Komentar